Gigi Tonggos: Penyebab, Resiko dan Solusi Tepatnya!

Gigi tonggos dan gigi berantakan secara ilmiah hal ini disebut maloklusi atau hubungan rahang atas dan bawah yang menyimpang dari bentuk standar yang diterima sebagai bentuk yang normal.

Gigi Tonggos

Apa penyebab gigi tonggos ini?

Maloklusi dapat disebabkan karena tidak ada keseimbangan dentofasial. Keseimbangan dentofasial ini tidak disebabkan oleh satu faktor saja, tetapi beberapa faktor saling mempengaruhi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah keturunan, lingkungan, pertumbuhan dan perkembangan, etnik, fungsional, dan patologi.

Penyebab maloklusi dibagi atas dua golongan yaitu faktor luar atau faktor umum dan faktor dalam atau faktor lokal. Hal yang termasuk faktor luar yaitu herediter, kelainan kongenital, perkembangan atau pertumbuhan yang salah pada masa prenatal dan posnatal, malnutrisi, kebiasaan jelek, sikap tubuh, trauma, dan penyakit-penyakit dan keadaan metabolik yang menyebabkan adanya predisposisi ke arah maloklusi seperti ketidakseimbangan kelenjar endokrin, gangguan metabolis, penyakit-penyakit infeksi.

Hal yang termasuk faktor dalam adalah anomali jumlah gigi seperti adanya gigi berlebihan (dens supernumeralis) atau tidak adanya gigi (anodontis), anomali ukuran gigi, anomali bentuk gigi, frenulum labii yang abnormal, kehilangan dini gigi desidui, persistensi gigi desidui, jalan erupsi abnormal, ankylosis dan karies gigi.

Bahayakah bila Gigi Tonggos dibiarkan?

Maloklusi dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada pengunyahan, bicara serta estetik. Gangguan pengunyahan yang terjadi yaitu dapat berupa rasa tidak nyaman saat mengunyah, terjadinya rasa nyeri pada TMJ dan juga mengakibatkan nyeri kepala dan leher.

Pada gigi yang berjejal dapat mengakibatkan kesulitan dalam pembersihan. Tanggalnya gigi-gigi akan mempengaruhi pola pengunyahan misalnya pengunyahan pada satu sisi, dan pengunyahan pada satu sisi ini juga dapat mengakibatkan rasa sakit pada  TMJ.

Maloklusi dapat mempengaruhi estetis dari penampilan seseorang. Penampilan wajah yang tidak menarik mempunyai dampak yang tidak menguntungkan pada perkembangan psikologis seseorang, apalagi pada saat usia masa remaja.

Beberapa kasus maloklusi pada anak remaja sangat berpengaruh terhadap psikologis dan perkembangan sosial yang disebabkan oleh penindasan yang berupa ejekan atau hinaan dari teman sekolahnya.

Pengalaman psikis yang tidak menguntungkan dapat sangat menyakitkan hati sehingga remaja korban penindasan tersebut akan menjadi sangat depresi.

Bisakah diperbaiki, bagaimana cara memperbaiki Gigi Tonggos?

Apabila sudah terlihat tanda-tanda muncul masalah gigi tonggos ini disarankan melakukan tindakan pemasangan behel atau kawat gigi sedini mungkin karena kondisi rahang yang masih mudah dapat dikatakan jauh lebih mudah untuk dibentuk.

Dan pemasangan behel ini adalah salah satu tindakan yang sering kali direkomendasikan untuk mengatasi hal tersebut. Karena kawat gigi nantinya akan memindahkan gigi ke posisi yang semestinya.

Namun demikian, perlu diperhatikan juga adalah cara untuk membersihkan gigi setelah pemasangan kawat gigi tanpa harus merusak dan meninggalkan sisa makanan yang terselip di gigi.

Dan salah satu treatment yang saat ini tengah banyak diperbincangan adalah invisalign yaitu sebuah terobosan untuk merapihkan gigi yang berantakan atau tidak teratur dengan menggunakan sebuah alat dengan menggunakan plastik bening yang memiliki desain khusus sesuai dengan struktur gigi yang bersangkutan.

Penting untuk diketahui bersama, bahwa tindakan ini membutuhkan biaya yang tak sedikit dan juga masih banyak pertimbangan lain terkait tindakan tersebut.

Cara lain untuk mengatasi hal tersebut dan mungkin menjadi salah satu tindakan super instan adalah melakukan pembedahan dan perlu diingat bahwa tindakan ini perlu dilakukan apa bila terjadi hal serius terkait kondisi pada gigi tonggos tersebut.

Lantas, dimana klinik gigi yang tepat untuk mengatasi masalah Gigi Tonggos ini?

Semua pasti setuju bahwa klinik gigi saat ini bukan hanya ada satu atau dua saja tapi di Jakarta saja bisa dibilang sudah ratusan jumlah. Namun, tidak diketahui legalitas baik dari tempat usaha dan juga keahlian mereka para ahli gigi tersebut.

Namun, tidak di Dental Care The Clinic Beautylosophy, karena ini adalah klinik gigi terbaik di Jakarta dan juga Indonesia yang selalu mengedepankan pelayanan terbaik dengan hasil yang berkualitas.

Karenanya, klinik yang telah berusia 6 tahun semenjak didirikan pada tahun 2013 silam ini memiliki berbagai macam treatment ataupun tindakan gigi terbaik dan diimbangi dengan peralatan berteknologi canggih sesuai dengan perkembangan dunia medis dan estetika dental terbaru.

Tak sampai disana, klinik gigi yang memiliki ciri khusus yakni warna merah ini pun didukung oleh segenap dokter gigi yang telah tersertifikasi baik dari segi medis ataupun estetika dan juga berkompenten dibidangnya sehingga membuat anda akan merasa nyaman dan aman saat melakukan tindakan memperbaiki gigi tonggos.

 

 

Tinggalkan Balasan