Gum Contouring

Selain gigi, gusi pun berperan dalam keindahan senyum Anda. Gusi yang sehat serta memiliki bentuk yang seimbang dengan gigi, tentunya akan meningkatkan nilai estetik. Gum contouring adalah solusi yang tepat. Gum contouring merupakan tindakan membentuk gusi sedemikian rupa untuk menciptakan proporsi senyum yang seimbang, serta memperbaiki warna gusi agar terlihat sehat. Gum contouring dapat dilakukan dengan cara:

Gingivektomi/gingivoplasty
Adalah tindakan memotong/membentuk gusi tak cekat yang berlebih. Tindakan ini memiliki tujuan utama untuk mengurangi kedalaman poket gusi yang terkena penyakit periodontal sehingga mengurangi risiko timbul dan rekurensi terjadinya penyakit periodontal. Selain itu, tindakan ini juga dapat berfungsi estetis karena dapat memperbaiki bentuk gusi yang kurang baik.

Crown lengthening
Mirip dengan gingivektomi/gingivektomi, tindakan ini juga merupakan tindakan pemotongan/pembentukan gusi. Namun perbedaannya adalah tindakan ini bertujuan untuk memperpanjang bentuk mahkota gigi untuk kasus gigi-geligi yang berukuran lebih pendek dari ukuran normal. Umumnya juga tindakan ini dilakukan pada gusi yang sehat (tidak terdapat penyakit periodontal) karena bertujuan untuk meningkatkan nilai estetik dari bentuk mahkota gigi.

Gingival depigmentation
Merupakan tindakan depigmentasi gusi yang biasanya sudah berwarna lebih gelap dan tidak sehat. Pewarnaan pada gusi tersebut dapat berasal dari konsumsi obat-obatan tertentu atau kebiasaan merokok. Depigmentasi gusi ini dilakukan dengan cara mengikis tipis permukaan gusi yang mengalami pewarnaan dengan bur atau pisau bedah agar gusi kembali berwarna merah dan sehat.

Keseluruhan tindakan tersebut merupakan tindakan bedah minor. Namun tidak perlu khawatir, karena di The Clinic Indonesia tindakan tersebut dilakukan oleh para dokter gigi yang ahli sehingga tindakan bedah sekalipun dapat dilakukan dengan aman.