Hair Growth Factor Therapy

Hair Growth Factor  Therapy

Platelet Rich Plasma (PRP) adalah volume fraksi plasma berasal dari darah pasien sendiri dengan kadar konsentrasi platelet diatas baseline. Potensi regeneratif dari PRP tergantung pada level growth factors yang dilepas pada saat aktivasi. Interaksi antara kedua sel di daerah folikel rambut dengan growth factors (PDGF,TGF-b dan VEGF), mengaktifasi fase proliferative dari rambut dan yang nantinya akan menghasilkan folikular unit dari rambut. Growth factor ini berfungsi menstimulasi pertumbuhan rambut dan memperlambat proses kematian sel rambut, serta mempercepat dimulainya fase pertumbuhan rambut dan memperlambat fase kerontokan rambut. PRP merupakan terapi potensial untuk AGA (androgenetic alopecia)
Growth factor didapat dari darah pasien yang di sentrifuge atau diputar dengan kecepatan tertentu selama beberapa menit untuk mendapat lapisan 2 darah. Lapisan plasma darah yang mengandung growth factor dan zat2 berguna lainnya itulah yang disebut PRP.

Efek dari PRP dapat diliat hasil optimalnya setelah 8 -10 bulan dengan melakukan perawatan PRP kurang lebih 3 kali dengan interval 3 minggu, dan setelah 6 bulan mungkin dibutuhkan sesi booster.