Mahkota Gigi

Mahkota Gigi

    dental_crown_getting_cut

    Crown gigi
    adalah mahkota selubung yang berbentuk gigi,atau sarung gigi yang diletakkan di atas gigi asli untuk memulihkan keindahan gigi.
    Terbuat dari bahan porselen, campuran porselen dan metal atau full metal seperti emas yang disarungkan ke gigi untuk mengembalikan atau memperbaiki bentuk, ukuran, warna dan kekuatan gigi.
    Pemasangan mahkota gigi biasanya digunakan untuk:

          1. Mengganti tambalan gigi yang luas – tambalan gigi biasanya digunakan untuk menutup lubang kecil di gigi yang disebabkan pembusukan akibat karies gigi atau gigi berlubang, kerusakan gigi karena trauma sehingga struktur gigi rusak dan patah. Bila sekitar lebih dari 50% gigi telah rusak atau hilang, dokter gigi biasanya mengganti tambalan yang luas dengan mahkota tiruan untuk memberikan perlindungan yang lebih baik.
          2. Memulihkan gigi setelah terapi saluran akar / root canal treatment – terapi saluran akar biasanya membuat gigi rentan, mudah patah dan rusak. Sehingga dokter gigi akan segera menempatkan mahkota gigi setelah perawatan saluran akar selesai.Tidak hanya untuk perlindungan, tetapi juga untuk mengembalikan bentuk gigi seperti semula.
          3. Melindungi bagian gigi yang rusak terutama di bagian cusp gigi/tonjolan pada gigi geraham – pemasangan mahkota gigi juga sering dilakukan untuk memperbaiki cusp gigi, yaitu bagian gigi yang menerima tekanan paling tinggi ketika seseroang mengunyah. Itulah kenapa cusp gigi lebih mudah rusak atau retak, tetapi dengan melindunginya dengan mahkota tiruan dapat mengurangi tingkat kerusakan.
          4. Memperindah tampilan dan bentuk gigi / estetika gigi– tekanan yang terus menerus pada gigi dapat mengganggu penampilan gigi. Misalnya dapat menyebabkan tampilan gigi mejadi kurang proposional seperti email gigi asli menjadi rusak, sehingga membuat gigi lebih lunak dan rentan. Masalah umum lainnya meliputi perubahan warna, cacat gigi, jarak yang tidak wajar antar gigi atau gigi menjadi jarang-jarang (renggang). Semua masalah tersebut dapat diatasi dengan memasang mahkota gigi.
          5. Mengganti gigi yang hilang / ompong– pemasangan mahkota gigi digunakan secara luas dengan gabungan implan gigi, yaitu akar gigi palsu yang dibuat dari bahan titanium yang aman bagi tubuh. Dalam tindakan implan, mahkota tiruan digunakan untuk mengganti gigi yang hilang. Atau dengan modifikasi beberapa mahkota gigi dapat dibuat crown and bridge yang fungsinya sama seperti implan gigi yaitu menggantikan gigi yang hilang atau ompong.
          6. Memulihkan dan mengembalikan bentuk gigi yang rusak akibat retakan atau kebiasaan buruk – tampilan dan bentuk gigi bisa rusak karena pengaruh dari proses mengunyah, menghaluskan, dan pengikisan oleh makanan terutama makanan asam. Selain itu kebiasaan orang yang sering menggeretakkan gigi pada saat tidur. Mahkota gigi tiruan dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan apapun penyebabnya.

    Proses pembuatan dan pemasangan mahkota gigi.
    Secara umum mahkota gigi terbuat dari bahan keramik,porselen, gabungan metal dan porselen atau all metal tergantung dari indikasi, kebutuhan pasien atau bisa juga keinginan dari pasien sendiri.

    Saya telah membaca dan menyetujui ketentuan di