Operasi Membuang Kantung Mata (Lower Blepharoplasty)

Deskripsi

Pada sebagian orang pada kelopak mata bawah kadang terdapat timbunan lemak yang berlebih. Hal ini kadang muncul pula pada orang usia lanjut. Timbunan lemak ini membentuk kantung mata yang menonjol dan turun.

Video

Before After

Operasi Membuang Kantung Mata (Lower Blepharoplasty)

Pada sebagian orang pada kelopak mata bawah kadang terdapat timbunan lemak yang berlebih. Hal ini kadang muncul pula pada orang usia lanjut. Timbunan lemak ini membentuk kantung mata yang menonjol dan turun. Hal ini dapat mengakibatkan lingkaran mata tampak hitam dan penampilan mata menjadi  tidak menarik. Operasi kantung mata adalah solusi permanen untuk masalah ini.

Untuk masalah kelopak bawah mata yang menonjol namun kulit tampak masih kencang, prosedur operasi yang dapat dikerjakan adalah Blepharoplasty Transconjungtiva, dimana tidak dilakukan pembuangan kulit dan insisi dibuat di kelopak mata bagian dalam, sehingga bekas luka tidak terlihat dari luar dan proses penyembuhan lebih cepat selesai. Pada prosedur ini jaringan yang dibuang  adalah lemak yang berlebih yang terdapat di kelopak mata bawah.

Pada masalah kelopak mata bawah dimana bukan hanya lemak yang menjadi masalah namun kulit dan otot juga mengendur, maka treatment yang dibutuhkan adalah operasi kelopak mata bawah dengan sayatan dan membuang sebagian kulit yang berlebih. Kadang otot yang mengendur juga perlu di kencangkan, begitu juga dengan kelopak mata bawah.

Secara keseluruhan, prosedur ini akan berlangsung selama 60 menit, dan akan dilakukan dengan bius lokal. Bengkak dan bekas luka pasca operasi yang muncul  akan hilang secara perlahan-lahan setelah 3 – 14 hari pasca operasi. Untuk harga, prosedur bedah ini memiliki harga yang berbeda disetiap klinik dan rumah sakit. Untuk metode Transconjungtiva dimana tidak dilakukan penjahitan dan tidak ada sayatan dibagian kulit luar.

Untuk masalah kelopak bawah mata yang menonjol namun kulit tampak masih kencang, prosedur operasi yang dapat dikerjakan adalah Blepharoplasty Transconjungtiva, dimana tidak dilakukan pembuangan kulit dan insisi dibuat di kelopak mata bagian dalam, sehingga bekas luka tidak terlihat dari luar, dan proses penyembuhan lebih cepat selesai. Pada prosedur ini jaringan yang dibuang  adalah lemak yang berlebih yang terdapat di kelopak mata bawah.

Secara keseluruhan, prosedur ini akan berlangsung selama 60 menit dan akan dilakukan dengan bius lokal. Bengkak dan bekas luka pasca operasi yang muncul  akan hilang secara perlahan-lahan setelah 3 – 14 hari pasca operasi.

LOWER-BLEPHALOPLASTY-1