Operasi Tahi Lalat

Tahi lalat atau tanda lahir terkadang menjadi terlihat indah apabila berada di tempat yang tepat, tetapi apabila tahi lalat dan tanda lahir itu mengganggu penampilana atau mungkin bentuknya yang menonjol dan terasa mengganggu dari segi estetika, dapat dihilangkan.
Ada juga yang merupakan tanda lahir, yang bentuknya terlalu besar, sangat luas dan kadang ditumbuhi rambut sehingga sebaiknya di buang
tahi lalat sebetulnya merupakan tanda lahir berupa satu massa yang umumnya berwarna cokelat atau hitam. Ada juga tahi lalat yang warnanya sewarna kulit. Tahi lalat yang berwarna cokelat atau hitam mengindikasikan terjadinya penumpukkan pigmen.

Tahi lalat adalah tumor jinak. Ia disebut juga nevus yang dalam bahasa Latin berarti tanda lahir. Namun, walaupun jarang sekali ia dapat berubah menjadi tumor ganas dan disebut melanoma.

Operasi harus dilakukan sedini mungkin yaitu ketika tahi lalat mengalami perubahan bentuk yang diringkas dan dimudahkan dalam ABCDE. A, Asymmetry atau tidak simetris; B, Borders (irregular), batasnya tidak teratur ; Color (variegated), warnanya beragam; Diameter (greater than 6 mm (0.24 in), diameter, besarnya lebih dari 6 mm dan E, Evolving over time, tambah lama tambah besar.

tahi lalat juga membahayakan jika tahi lalat itu terasa gatal atau bahkan terasa sakit. Selain itu gejala berbahaya lainnya adalah bila tahi lalat tersebut terus membesar dan mudah berdarah. Bila gejala-gejala tersebut Anda alami, sebaiknya periksakan ke dokter karena tidak menutup kemungkinan berkembang menjadi kanker kulit yang ganas.