Ortodonti

Ortodonti

Ortodonti merupakan perawatan untuk memperbaiki kerapian susunan dan posisi gigi. Berbagai macam bahan digunakan untuk memperbaiki susunan gigi mulai dari metal bracket, ceramic bracket, clear bracket, hingga self-ligating system bracket. Perbedaan jenis ini dibedakan berdasarkan bahannya dan sistem kerjanya. Berdasarkan bahan, umumnya dibagi menjadi metal bracket dan esthetic bracket.

Metal bracket merupakan bahan bracket yang paling sering digunakan dan terbuat dari bahan metal berwarna silver. Sedangkan esthetic bracket, seperti namanya, lebih menekankan pada bagian estetik yaitu terbuat dari bahan ceramic yang berwarna putih atau ada juga yang bening (clear) sehingga pasien tidak terlihat seperti sedang menggunakan bracket. Untuk sistem kerjanya, terdapat conventional bracket dan self-ligating bracket. Conventional bracket adalah perawatan ortodonti dengan sistem pergerakan giginya menggunakan bracket, kawat, dan karet. Sedangkan self-ligating bracket tidak menggunakan karet, hanya bracket khusus dan kawat.

Karet digantikan dengan bracket khusus yang memiliki kunci tersendiri. Kelebihan self-ligating bracket ini adalah kecenderungan penyelesaian perawatan yang lebih cepat dan lebih tidak sakit dibanding conventional bracket.Dengan memiliki susunan gigi yang rapi dan seimbang dapat meningkatkan keindahan senyuman dan kepercayaan diri. The Clinic Indonesia menyediakan berbagai macam jenis perawatan ortodonti yang sesuai dengan kebutuhan gigi Anda.