Malu Karena Gigi Tidak Rata? Ini Dia Solusi Tepatnya

Mengatasi Gigi Tidak Rata dengan Cara yang Tepat

Mengatasi Gigi Tidak Rata

Mengatasi Gigi Tidak Rata yang paling tepat adalah mengunjungi klinik dokter gigi karena hanya dokter gigi yang memiliki solusi tepat untuk mengatasinya. Selain itu, Anda juga akan mendapat berbagai macam pilihan perawatan gigi yang aman dan maksimal dari segi hasil. Dibanding tawaran perawatan gigi lainnya, Mengatasi Gigi Tidak Rata di klinik dokter gigi berkualitas sangat dianjurkan. Dokter gigi yang berpengalaman tidak akan melakukan tindakan sembarangan karena berbekal latar belakang pendidikan yang mumpuni. Dengan begitu, pasien akan mendapat perawatan gigi yang aman dan tanpa efek samping berbahaya.

Sebagai informasi untuk Anda, masalah gigi tidak yang rata, berjejal, atau menumpuk (crowding teeth) dapat diartikan sebagai ketidakharmonis antara ukuran gigi dengan ukuran rahang yang dapat menyebabkan gigi berada di luar lengkung rahang dan kadang-kadang terdapat rotasi gigi. Gigi berjejal merupakan masalah gigi yang paling sering terjadi di bidang kedokteran gigi. Masalah pada gigi ini kerap dibiarkan begitu saja padahal gigi yang tidak rata bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Contoh kecilnya, kondisi gigi yang berantakan bisa membuat aktivitas seperti makan terganggu. Itulah kenapa masalah ini tidak bisa didiamkan begitu saja dalam waktu lama.

Masalah gigi tidak rata bukanlah hal baru dan kondisi ini dapat terjadi pada siapapun di dunia. Sebagian besar di dunia ini merasa malu dan berusaha untuk menyelaraskan kembali posisi gigi mereka. Namun, ada hal unik yang harus Anda ketahui mengenai gigi yang tidak rata; di Jepang, gigi tidak rata atau Yaeba Teeth yakni gigi gingsul malah menjadi tren. Padahal gigi gingsul merupakan salah satu jenis gigi yang tidak rata. Nah, apabila Anda ingin Mengatasi Gigi Tidak Rata, Anda perlu mengetahui beberapa hal di bawah ini terlebih dulu. Penasaran seperti apa cara mengatasi masalah gigi? Yuk simak artikel ini hingga selesai.

Mengatasi Gigi Tidak Rata? Kenali Penyebabnya Terlebih Dulu

Gigi tidak rata tidak akan terjadi begitu saja. Seperti yang kita tahu, ada sebab tentu ada akibatnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan susunan gigi menjadi berantakan. Tentu saja, siapapun yang memiliki susunan gigi tidak rapi akan merasa kurang percaya diri karena senyumnya akan terganggu. Nah, di bawah ini adalah penyebab gigi yang tidak rata:

Penyebab Tidak Langsung:

#1 Faktor Genetik

Contohnya orang tua dengan kelainan skelatal (tulang rahang) dengan rahang bawah lebih maju ke depan di banding rahang atas kemungkinan akan mempunyai anak dengan kondisi rahang yang serupa.

#2 Penyakit Thalasemia

Anak dengan penyakit thalasemia mengalami hambatan tumbuh kembang fisik (berat dan tinggi badan kurang) serta hambatan pertumbuhan tulang penyangga gigi.

#3 Faktor Kongenital

Misalnya mengkonsumsi obat-obatan pada saat hamil, menderita trauma/penyakit tertentu dan kurang gizi.

#4 Gangguan Keseimbangan Kelenjar Endokrin

Kelenjar endokrin berfungsi menghasilkan hormon dalam tubuh untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan.

Penyebab Langsung:

#1 Gigi yang Berlebih

Gigi berlebih tersebut timbul dalam lengkung gigi, akan menyebabkan gigi berjejal (crowding).

#2 Gigi Susu yang Tanggal Sebelum Waktunya

Pergeseran gigi di sebelahnya menyebabkan penyempitan ruang pada lengkung gigi. Akibatnya, gigi permanen tidak memperoleh ruang cukup dan akan tumbuh dengan susunan gigi berjejal.

#3 Tanggalnya Gigi Tetap

Gigi permanen yang tanggal dengan cepat dan tdak diganti segera dengan protesa akan menyebabkan gigi lainnya mengisi ruangan kosong bekas gigi yang tanggal tadi.

#4 Gigi Susu Tidak Tanggal

Walaupun gigi tetap penggantinya telah tumbuh (persisten), gigi tetap muncul diluar lengkung rahang dan tampak berjejal.

#5 Gigi yang Tidak Tumbuh

Lengkung gigi dan rongga mulutnya terdapat ruangan kosong sehingga tampak celah antara gigi (diastema).

#6 Bentuk Gigi Tetap Tidak Normal.

Misalnya ada gigi permanen yang makrodontia ada juga yang mikrodontia atau bisa saja jika ukuran gigi besar dan rahang kecil, hingga gigi berjejal.

#7 Kebiasaan-Kebiasaan Buruk yang Kerap Dilakukan

Kebiasaan buruk seperti bernapas lewat mulut, menghisap jari, proses menelan makanan yang salah, minum susu dengan botol dot menjelang tidur, menggigit pensil atau membuka sesuatu dengan gigi, meletakkan lidah di antara gigi rahang atas dan gigi rahang bawah, dan lain sebagainya dapat membuat susuanan gigi seseorang menjadi terganggu.

Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Mengatasi Gigi Tidak Rata

Gigi yang susunannya tidak rapi bisa menjadi masalah karena umumnya gigi yang bertumpuk akan sulit dibersihkan dengan menggosok gigi. Jika tidak dibersihkan dengan baik, tentu saja dapat menyebabkan plak menjadi menumpuk yang juga merupakan salah satu faktor resiko terjadinya karies atau gigi berlubang. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena pada saat pembersihan gigi atau menyikat gigi, sikat gigi sulit menjangkau sisa makanan yang menempel pada daerah interdental gigi berjejal sehingga terjadi akumulasi plak dan membentuk kalkulus atau karang gigi kemudian menjadi pemicu gigi berlubang. Itulah kenapa masalah gigi tidak rata bisa menyebabkan penyakit gigi lainnya.

Apabila Anda mengalami masalah demikian dan ingin Mengatasi Gigi Tidak Rata, Anda tidak perlu khawatir karena masalah tersebut dapat ditangani melalui perawatan ortodontik. Perawatan tersebut bertujuaan untuk memperbaiki kasus-kasus gigi berjejal yang terjadi karena perkembangan rahang yang kurang sempurna, atau karena penyebab lain. Perawatan ortodontik sebaiknya dilakukan sedini mungkin (usia remaja) karena pada usia ini seseorang masih mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga kemungkinan untuk mengalami perbaikan akan lebih besar dan lebih cepat prosesnya. Kesimpulannya adalah masalah gigi seperti apapun masih bisa diatai dengan baik oleh dokter gigi berpengalaman di klinik gigi berkualitas tinggi.

Kunjungi Dental Care The Clinic Beautylosophy untuk Mendapatkan Perawatan Gigi Terbaik

Sebagai informasi untuk Anda, masalah gigi tidak rata bukanlah hal kecil yang bisa disepelekan. Kasus ini termasuk kasus yang sulit karena membutuhkan ketelitian dan harus melalui banyak perhitungan dan pertimbangan yang matang. Oleh karena itu perawatan ortodontik harus dilakukan oleh dokter spesialis ortodontik yang ahli dalam bidangnya. Jangan pernah melakukan perawatan di klinik gigi yang tidak jelas kualitasnya karena bisa saja Anda menjadi korban malpraktik yang tentu saja membahayakan fungsi estetika dan fungsi kesehatan gigi Anda.

Sekarang ini banyak klinik gigi abal-abal yang beroperasi, untuk menghindarinya lebih Anda melakukan perawatan gigi di salah satu klinik gigi terbaik di Indonesia yaitu Dental Care The Clinic Beautylosophy. Klinik gigi tersebut menjadi salah satu yang terbaik karena menawarkan berbagai macam perawatan gigi berkualitas tinggi. Dental Care The Clinic Beautylosophy juga didukung sederet peralatan kedokteran gigi yang canggih dan aman yang dapat membuat hasil yang diterima pasien memuaskan. Tidak hanya itu, dokter gigi yang ahli, tersertifikasi resmi, dan berpengalaman juga melakukan praktik di Dental Care The Clinic Beautylosophy. Jadi, hasil yang Anda dapat akan aman dan memuaskan sesuai dengan harapan. Beberapa hal yang tadi disebutkan membuat Dental Care The Clinic Beautylosophy salah satu klinik gigi terbaik yang ahli dalam Mengatasi Gigi Tidak Rata.

Tinggalkan Balasan