Gigi Berlubang Jangan Dibiarkan! Ini Solusi Mengatasinya

Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat? Ini Jawabannya

Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Mengatasi Sakit Gigi Berlubang tidaklah sulit jika Anda tahu bagaimana cara tepat mengatasinya. Sakit karena gigi berlubang merupakan masalah umum dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Hal yang perlu Anda ketahui adalah gigi berlubang terjadi akibat kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus-menerus seperti terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, membersihkan gigi tidak maksimal, membuka sesuatu seperti botol minuman dengan gigi, dan masih banyak lagi. Kebiasaan buruk tesebut sangat berpotensi memberi dampak buruk pada gigi. Itulah kenapa Anda harus tahu bagaimana cara merawat gigi dengan tepat agar tidak menderita sakit gigi.

Sebelum membahas bagaimana cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang, Anda perlu mengetahui cara mencegahnya karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagi Anda yang giginya dalam kondisi baik dan tidak memiliki masalah apapun, jangan terlena karena bila Anda tidak memerhatikannya dengan baik gigi Anda juga bisa mengalami masalah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah perhatikan apa yang Anda konsumsi, sebaiknya kurangi makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi terutama di waktu malam. Kedua, bersihkanlah gigi Anda dengan teratur setidaknya 2 kali sehari menggunakan produk pembersih gigi yang sesuai dengan kondisi Anda. Bila perlu, gunakanlah mouthwash dan dental floss agar sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi bisa disingkirkan. Ketiga, kujungilah dokter gigi secara rutin setidaknya 6 bulan sekali agar dokter bisa mendeteksi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Apabila Anda terlanjur mengalami sakit gigi akibat lubang pada gigi, tak usah khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rasa sakitnya. Jika sakitnya tak juga mereda dan tambah parah, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penasaran dengan cara mudah dan murah dalam Mengatasi Sakit Gigi Berlubang? Yuk simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui jawabannya.

Mengatasi Sakit Gigi Berlubang dengan Mengandalkan Cara Tradisional

Sakit gigi tak jarang menyerang pada malam hari. Ketika hal tersebut terjadi, tentu saja mengunjungi klinik gigi merupakan opsi terakhir karena tak semua klinik gigi beroperasi selama 24 jam. Jika sakit gigi menimpa Anda di waktu yang tak terduga, Anda tak perlu khawatir karena bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah bisa menjadi solusi Mengatasi Sakit Gigi Berlubang. Lantas apa saja yang bisa digunakan? Simak di bawah ini:

#1 Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara yang dikenal ampuh mengatasi sakit gigi sejak dulu. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan melarutkan ½ sdt garam ke dalam satu gelas air hangat (240 ml). Kumur dalam mulut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur. Kenapa garam cukup ampuh mengatasi masalah gigi? Karena garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi. Sebelum berkumur, pastikan gigi Anda bersih tidak ada sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi agar hasilnya maksimal.

#2 Kompres Menggunakan Es

Menggunakan es untuk mengatasi sakit gigi merupakan cara lain yang cukup ampuh mengatasi sakit gigi. Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitumasukan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis.Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa tempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu. Cara ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tak lagi terasa.

#3 Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh untuk mengobati gigi mungkin belum diketahui secara luas, namun Anda perlu tahu bahwa minyak cengkeh menyimpan segudang manfaat positif untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang. Minyak cengkeh adalah obat herbal yang sudah lama digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” sementara.

Namun, Anda harus berhati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi. Jika salah menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakitnya akan semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

Amannya tuangkan dulu dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas, kemudian tempelkan di gigi yang bermasalah. Kompres sampai rasa sakitnya mereda. Anda juga bisa gunakan cengkeh bubuk atau cengkeh utuh dan tahan di lokasi gigi yang sakit. Setelahnya, kumur untuk membilas sisa-sisa cengkeh yang mungkin tertinggal dalam mulut.

Cara Alami Kurang Ampuh? Coba Cara Ini untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Cara alami atau tradisional seperti di atas bisa dilakukan dalam keadaan terdesak. Mengenai khasiatnya, tentu tiap orang berbeda-beda tergantung dari intensitas sakitnya. Jika Anda ingin khasiat yang lebih ampuh, berikut beberapa pilihan obat sakit gigi apabila cara alami kurang meredakan rasa sakit pada gigi:

#1 Paracetamol

Paracetamol termasuk golongan NSAID yang bekerja meredakan nyeri akibat peradangan. Paracetamol juga dapat menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi.

Namun apabila Anda punya alergi atau masalah serius pada hati, Anda tidak dianjurkan untuk minum obat sakit gigi ini. Maka pastikan Anda membaca cara pakainya terlebih dulu pada label kemasan.

#2 Ibuprofen

Sama seperti acetaminophen, ibuprofen juga tergolong NSAID yang bisa menjadi cara mengobati sakit gigi beserta masalah penyerta lainnya. Namun, hindari minum ibuprofen saat perut kosong karena akan melukai lambung.

Jangan pula sembarangan mendobel dosis dengan tujuan agar lebih cepat sembuh. Cara ini tidak terbukti lebih efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi, pastikan Anda selalu membaca petunjuk pemakaian obat beserta dosis yang dianjurkan sebelum mengonsumsi obat ini. Jika rasa sakit sudah menghilang, sebaiknya segera hentikan memakai obat ini dan segera pergi ke dokter gigi.

Kunjungi Klinik Gigi untuk Mendapatkan Perawatan Gigi yang Sesuai dengan Masalah Anda

Cara alami maupun obat-obatan tidak selamanya menjadi solusi yang tepat karena pada dasarnya cara yang tadi dijelaskan hanya bersifat meringankan rasa sakit. Bila ingin menuntaskan rasa sakitnya, cara terbaik yang harus Anda lakukan adalah berkunjung ke klinik gigi dan melakukan pengobatan di sana. Jika ingin ke klinik gigi sebaiknya pilih klinik gigi yang memang dikenal luas karena kualitasnya. Salah satu klinik gigi terbaik dan terlengkap yang layak Anda kunjungi adalah Dental Care The Clinic Beautylosophy. Klinik gigi tersebut memiliki berbagai perawatan lengkap dan juga didukung oleh dokter gigi yang ahli, tersertifikasi resmi, dan berpengalaman. Dengan begitu, hasil yang Anda dapat akan memuaskan dan sakit yang Anda alami akan hilang. Segera kunjungi Dental Care The Clinic Beautylosophy karena klinik gigi tersebut merupakan salah satu yang terbaik dalam Mengatasi Sakit Gigi Berlubang.

Tinggalkan Balasan