Ternyata Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Penyakit Gusi!

Penyakit Gusi Harus Cepat Ditangani

Penyakit Gusi

Penyakit Gusi merupakan salah satu masalah gigi dan mulut yang cukup sering diabaikan. Padahal sakit yang terdapat pada gusi bisa mengganggu kesehatan gigi dan mulut seseorang secara menyeluruh. Sebagai informasi untuk Anda, fungsi gusi sangatlah penting bagi kesehatan gigi karena dengan gusi yang sehat, kuat, dan terawat tentunya gigi akan lebih kuat dan tidak mudah tanggal. Sementara gusi yang tidak terawat tentu saja bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius. Bahkan karena Penyakit Gusi nyawa seseorang bisa terancam. Bila Anda tidak ingin hal demikian terjadi pada diri Anda, sebaiknya jangan sepelekan bila gusi Anda mulai mengalami masalah.

Sebenarnya, kebersihan dan kesehatan dari gigi dan mulut harus dijaga sebaik mungkin karena bagian tersebut sangat rawan ditumbuhi kuman penyebab penyakit. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar kasus penyakit gigi disebabkan oleh bakteri yang tumbuh subur di area mulut. Hal tersebut tentu saja dikarenakan kebersihan gigi yang buruk. Jika ingin terhindar dari masalah seputar gigi dan mulut sebaiknya bersihkan gigi Anda dengan baik menggunakan produk pembersih gigi yang sesuai dengan kondisi Anda. Bukan hanya produk pembersih gigi yang harus diperhatikan, cara membersihkan gigi juga tidak boleh dilakukan secara asal karena tentu saja hasilnya nanti akan kurang maksimal dan kuman akan tetap menjamur di dalam mulut Anda.

Mengenai gusi, munculnya penyakit pada gusi jarang disertai dengan rasa sakit sehingga membuat penderitanya merasa tidak ada masalah yang serius dengan gusinya. Karena hal tersebut banyak orang yang merasa bahwa gusi mereka sehat padahal bisa saja mereka mengalami masalah gusi yang serius. Untuk meminimalisir risiko Penyakit Gusi sebaiknya tanamkan pada diri Anda untuk membersihkan gigi secara benar dan teratur setidaknya 2 kali sehari. Dengan kebersihan mulut yang terjaga tentu saja tubuh Anda akan lebih sehat dan penyakit pun juga bisa dicegah sedini mungkin.

Penyakit Gusi Kerap Disebabkan Oleh Hal Ini

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Penyakit Gusi kerap disebabkan oleh kebersihan mulut yang bisa dibilang cukup buruk. Ketika seseorang malas untuk menggosok gigi dan terlalu sering mengonsumsi makanan yang bercita rasa manis manis, bakteri akan lebih mudah tumbuh dan berkembang menjadi plak. Jika kebiasaan ini terus dijalankan jelas saja akan menjadi masalah pada gusi karena bakteri dapat menginfeksi gusi secara perlahan dan merusak gigi. Itulah kenapa membersihkan gigi sangat penting jika Anda ingin kesehatan gigi dan mulut terjaga dengan baik.

Selain malas menggosok gigi, kondisi kesehatan gusi juga bisa terganggu akibat kebiasaan buruk yang kerap dilakukan sehari-hari seperti merokok. Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan ini bisa membuat kesehatan gigi dan mulut Anda menjadi terganggu. Jika Anda mengalami masalah dengan gusi dan sedang menjalani pengobatan, merokok bisa membuat pengobatan Penyakit Gusi menjadi tidak efektif. Untuk itu, kurangilah kebiasaan buruk ini dan bila perlu hentikan kebiasaan merokok agar kesehatan gigi Anda terjaga dengan baik kini dan nanti.

Penyakit Gusi juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi dan biasanya orang yang mengidap diabetes cukup rentan terhadap penyakit ini. Tidak hanya itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu, terjadinya perubahan hormon pada wanita, dan faktor genetik juga bisa menyebabkan Anda mengidap Penyakit Gusi.

Lantas bagaimana gusi yang sehat? Nah, gusi yang sehat sendiri memiliki ciri-ciri  berwarna merah muda, kencang, dan menjadi tempat gigi menancap dengan kuat. Gusi yang sehat tentu tidak akan mudah berdarah bila terkena gesekan sikat gigi. Karena itu, perhatikan setiap tanda dan gejala penyakit gusi yang mungkin terjadi pada Anda bila perlu periksa kondisi gigi Anda di dokter gigi agar Anda mengetahui kondisi gigi dan mulut Anda secara holistik.

Cara Tepat untuk Mengatasi Penyakit Gusi

Jika Anda merasa gusi Anda mulai mengalami masalah cobalah cara sederhana seperti berkumur menggunakan air hangat dan campurkan garam secukupnya guna meringankan rasa sakit. Lakukanlah dengan rutin hingga rasa sakitnya mereda. Akan tetapi jika gusi Anda masih merasa sakit dan rasanya cukup kuat mungkin saja Anda mengalami periodontitis dan jalan satu-satunya adalah mengunjungi dokter gigi karena hanya dokter gigi yang bisa memeriksa kondisi Anda dan menentukan pengobatan seperti apa yang tepat dengan kondisi Anda.

Periodontitis sendiri dapat menyebabkan bau mulut, rasa tidak enak di mulut, gigi renggang, mengalami kesulitan saat mengunyah makanan, abses gusi atau tumpukan nanah yang muncul di bawah gusi atau gigi, dan lain sebagainya.Tentunya Penyakit Gusi ini akan membuat Anda sangat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan penyakit ini juga bisa membuat Anda kekurangan nutrisi karena penyakit ini sangat mengganggu proses pengunyahan makanan.

Jika Anda mengalami hal tersebut dan rasa sakitnya cukup menyiksa sebaiknya segera kunjungi klinik gigi yang berkualitas agar Anda mendapatkan perawatan yang tepat. Penyakit ini tidak bisa dirawat dengan sembarangan karena bisa saja kondisinya akan semakin parah. Dengan melakukan perawatan gigi di klinik gigi berkualitas Anda akan diperiksa oleh dokter gigi yang ahli, tersertifikasi resmi, dan berpengalaman. Dengan begitu masalah gigi dan mulut yang sedang Anda derita bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Di Mana Klinik Gigi yang Tepat untuk Mengatasi Masalah Gigi dan Mulut?

Perlu Anda ingat bahwa Penyakit Gusi mulai dari kasus yang ringan hingga berat harus diperiksa ke klinik gigi yang berkualitas. Sekarang Anda tidak perlu bingung dalam menentukan klinik gigi karena di Indonesia ada Dental Care The Clinic Beautylosophy. Klinik gigi tersebut merupakan salah satu yang terbaik dan terlengkap di Indonesia. Tentu saja masalah Penyakit Gusi yang Anda derita bisa ditangani dengan baik di Dental Care The Clinic Beautylosophy. Kenapa? Karena klinik gigi tersebut didukung oleh dokter gigi yang ahli, tersertifikasi resmi, dan berpengalaman. Selain itu, dokter yang menjalankan praktik di Dental Care The Clinic Beautylosophy juga memiliki pengalaman yang cukup banyak baik di dalam maupun luar negeri. Anda pun tidak perlu khawatir karena Dental Care The Clinic Beautylosophy bukanlah klinik gigi abal-abal.

Selain mampu mengatasi masalah Penyakit Gusi, Dental Care The Clinic Beautylosophy juga menyediakan berbagai macam perawatan gigi yang tentunya bisa membuat penampilan gigi Anda lebih indah serta sehat. Bila Anda ingin mengetahui dan menggali informasi lebih lanjut mengenai perawatan gigi di Dental Care The Clinic Beautylosophy, Anda bisa menghubungi hotline 24 jam kami di nomor berikut ini: 0812 1200 000 atau 0819 34200 000. Pastikan hanya melakukan perawatan gigi Anda di Dental Care The Clinic Beautylosophy karena klinik gigi tersebut memiliki solusi yang tepat untuk mengatasi masalah Penyakit Gusi.

Tinggalkan Balasan