Cara Memutihkan Kulit

Kebanyakan orang menganggap cantik itu adalah putih. Memiliki kulit yang putih dan cerah dapat membuat penampilan seseorang lebih menarik. Sehingga banyak wanita melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit putih dan cerah baik dengan cara alami ataupun kimiawi, mulai dari perawatan sehari-hari di rumah atau melakukan perawatan di klinik-klinik kecantikan

Warna kulit seseorang sebenarnya bergantung pada jumlah melanin yang dimilikinya. Semakin banyak kandungan melanin seseorang, semakin gelap warna kulitnya. Begitu pula sebaliknya. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang mempengaruhi warna kulit seseorang, seperti paparan sinar matahari, hormon, penggunaan bahan-bahan kimia, ataupun obat. Lalu bagaimana cara memutihkan kulit?

Untuk mendapatkan kulit putih dan cerah terkadang membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Dibawah ini kami akan memberikan beberapa tips bagaimana cara memutihkan kulit dengan cara yang mudah dan efektif.

  1. Menggunakan bahan alami

Masker wajah dan lulur tradisional merupakan cara yang paling mudah dan aman untuk mencerahkan kulit. Kandungan vitamin dan senyawa yang terdapat pada masker ataupun lulur yang terbuat dari bahan alami seperti lemon, bengkuang, pepaya, tomat, susu, ataupun olive oil dipercaya dapat membantu mencerahkan dan membuat kulit terlihat lebih putih. Untuk hasil yang maskimal lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Mengkonsumsi suplemen pemutih

Cara lain untuk mendapatkan kulit yang lebih putih dan cerah adalah dengan mengkonsumsi suplemen pemutih. Glutathione merupakan kandungan suplemen yang kerap digunakan. Berfungsi sebagai antionxidant dan bekerja menghambat produksi melanin (pigmen kulit) sehingga kulit menjadi lebih putih dan cerah. Kandungan suplemen lain yang juga sering digunakan adalah kolagen dan vitamin c.

  1. Metode suntik putih

Tak jarang orang yang ingin memiliki kulit putih dan cerah secara instan. Metode suntik putih merupakan cara yang terbukti efektif untuk mendapatkan kulit putih secara cepat. Dengan menyuntikan zat yang dapat menghambat produksi melanin langsung ke dalam tubuh, prosedur ini membutuhkan pengawasan dokter dalam pelaksanaannya mengingat efek samping yang bisa ditimbulkan.

  1. Peeling (Metode pengelupasan)

Terdapat dua jenis peeling, yaitu organic atau chemical. Bertujuan menghilangkan lapisan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan lapisan sel kulit baru, peeling dapat membuat kulit lebih cerah, kenyal, dan meremajakan kulit.

  1. Menggunakan tabir surya

Paparan sinar matahari terhadap kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, gelap bahkan dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Gunakanlah tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) yang tinggi guna melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Leave a Reply