Operasi Memperbaiki Bekas Luka ( Keloid )

Sebuah operasi yang berfungsi :
Keloid/Scar Revision adalah prosedur untuk memperbaiki dan mengurangi munculnya bekas luka, mengoreksi perubahan kulit (cacat) yang disebabkan oleh cedera atau luka sebelumnya dengan cara menghilangkan sel-sel kulit yang cacat.

Kandidat
Pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang memiliki bekas luka yang besar. Ada dua jenis bekas luka, yaitu :
1. Keloid, dimana besarnya keloid melebihi batas luka awal, keras, dapat berwarna pink atau merah bahkan kecoklatan.
2. Hypertrophic scar, dimana besarnya tidak melebihi batas luka, lebih keras dari keloid, memiliki permukaan yang tidak rata.

Prosedur
Dilakukan dengan pembuangan bekas luka dan dilakukan penjahitan ulang dengan teknik khusus guna mencegah timbulnya kembali keloid atau bekas luka yang tidak diharapkan.
Apabila bekas luka yang dibuang terlalu besar untuk dilakukan penjahitan ulang, mungkin dibutuhkan teknik khusus untuk menutup luka operasi.

Tindakan akan berlangsung beragam tergantung lokasi dan besarnya bekas luka, dapat dalam bius lokal maupun umum, bergantung pada keputusan dokter bedah dan preferensi pasien.

Pemulihan
Waktu pemulihan, bengkak yang muncul akan perlahan menghilang selama 10 hari. Untuk mengurangi bengkak dapat diberikan Ice Pack setiap 2-3 hari. Area yang di operasi akan diberikan Bandage untuk mencegah munculnya kembali keloid, selama 3-4 minggu. Area yang dioperasi dapat tampak kemerahan dalam 2-3 bulan namun akan menghilang secara perlahan. Pada area yang dioperasi sebaiknya di oleskan sunblock untuk mencegah perubahan warna.
Pada beberapa kasus untuk hasil yang lebih baik dibutuhkan 2 sesi dimana interval tiap sesi 3-4 bulan.

Hasil
Hasil operasi Anda akan segera terlihat seiring waktu, setelah pembengkakan pasca-bedah mereda dan garis sayatan akan memudar. Hasil akhir dari operasi Anda akan muncul dalam beberapa bulan ke depan.