Operasi Membuang Silikon Injeksi (Siliconoma)

Deskripsi

Silikonoma adalah kelainan di tubuh yang timbula akibat reaksi terhadap benda asing dalam hal ini silicon cair.

Video

Before After

Operasi Membuang Silikon Injeksi (Siliconoma)

Silikonoma adalah kelainan di tubuh yang timbula akibat reaksi terhadap benda asing dalam hal ini silicon cair. Reaksi ini juga dapat di temukan pada penyuntikan cairan – cairan seperti minyak paraffin, minyak mineral dan cairan pelumas.

Gejala yang tampak bervariasi dari yang paling ringan berupa kemerahan dan perubahankonsistensi kulit menjadi keras, terbentuknya nodul dan granuloma, sampai yang paling berat berupa infalamsi berat, kematian jaringan kulit (nekrosis) dan ulkus.

Karena sifat cairan yang selalu mencari tempat terendah, gejala yang timbul mungkin tidak hanya di lokasi suntikan akan tetapi mencakup lokasi yang lebih luas.

Terapi untuk menghilangkan cairan silicon adalah melalui prosedur bedah. Prosedur ini cukup rumit dikarenakan cairan yang disuntikan sudah bercampur dengan jaringan dan mengeras sehingga tidak tampak lagi batasan antara jaringan dan cairan. Sehingga kadang ahli bedah hanya bisa mengeluarkan sebagian besar yang dapat di identifikasi. Mengerasnya cairan ini tidak hanya merubah konsistensi akan tetapi menyebabkan deformitas terhadap organ yang disuntikan itu sendiri, tidak jarang perlu dilakukan rekonstruksi untuk mengembalikan bentuknya menjadi senormal mungkin.

Terapi pembedahan yang dilakukan tergantung lokasi dan tingkat keparahan yang terjadi, oleh karena itu waktu penyembuhan pun bervariasi tergantung prosedur yang digunakanm namun secara garis besar dalam waktu 7 hari proses penyembuhan biasanya sudah dapat dilihat hasilnya.