Operasi Sedot Lemak

Water Assisted Liposuction, apakah itu?

Liposuction adalah prosedur pembedahan yang bertujuan untuk menghilangkan timbunan lemak yang tidak diinginkan dari daerah bawah kulit daerah tubuh tertentu sehingga dapat membentuk tubuh agar lebih ideal secara instan. Liposuction dapat dilakukan diberbagai daerah tubuh pasien, seperti perut, pinggul, paha, tangan, payudara, bokong, dan lain-lain. Liposuction merupakan prosedur bedah plastik yang paling digemari setelah breast augmentation, eyelid surgery, dan nose surgery.

Sejak tahun 1970 hingga sekarang, berbagai macam metode liposuction telah diperbaharui, mulai dari Ultrasound Assisted Liposuction, Laser Assisted Liposuction, Power Assisted Liposuction, Radiofrequency Assisted Liposuction, hingga Water Assisted Liposuction.

Water Assisted Liposuction merupakan teknologi sedot lemak terbaru yang menggunakan tenaga air dan sistem kanula atau suction bertekanan untuk memisahkan sel sel lemak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Pembuangan jaringan lemak yang tidak diinginkan dibawah kulit dilakukan secara terkontrol dan selektif. Berbagai kelebihan Water Assisted Liposuction dibandingkan metode Liposuction, seperti :

1.Prosedur yang tidak rumit
WAL dilakukan dengan sedikit sayatan kecil lalu dimasukkan kanul atau alat suction yang menggunakan tenaga air bertekanan yang dapat menguraikan jaringan lemak menjadi bagian-bagian lebih kecil sehingga dapat disedot melalui lubang pada kanul atau alat suction. Kanul atau alat suction pada WAL selain menyedot lemak juga memiliki saluran untuk menyemprot air yang akan disedot bersamaan dengan jaringan lemak, sehingga proses penyedotan berlangsung lebih mulus dan mudah serta tidak menggunakan tekanan yang terlalu besar.

2.Keunggulan “fat transfer”
Lemak yang telah disedot juga dapat digunakan untuk mempercantik bagian tubuh lainnya (fat transfer) seperti dahi, kelopak mata, hidung, payudara, tangan, dll. Penggunaan air pada WAL menghasilkan bentuk sel lemak yang masih baik untuk dapat dipindahkan. Yang paling penting dalam melakukan fat transfer adalah “Bertahankah jaringan lemak yang sudah dipindahkan?” Angka keberhasilan fat transfer ini cenderung tinggi.

3.Durasi operasi yang singkat
Salah satu keunggulan WAL dibanding metode pembedahan estetika lain, terutama jenis liposuction yang lainnya adalah durasi operasi yang cukup cepat. Hal ini sangat menguntungkan bagi pasien maupun tenaga medis.

4.Bius lokal dan perdarahan minimal
Prosedur WAL ini menggunakan teknik anestesi yang relatif minimal yaitu berupa bius lokal saja pada daerah sayatan, sehingga memungkinkan pasien untuk segera beraktifitas sehari-hari setelah melakukan prosedur WAL. Pengunaan teknik anestesi yang lebih besar mungkin dilakukan pada pasien dengan banyaknya daerah tubuh yang hendak di lakukan prosedur WAL. Perdarahan yang terjadi pada prosedur ini juga lebih minimal, sehingga memar dan bengkak yang biasanya dapat terjadi setelah operasi juga berkurang.

5.Aman untuk organ sekitar
Pada prosedur WAL, penyemprotan cairan cukup banyak mengakibatkan kandungan obat bius yang tertahan ditubuh pasien lebih sedikit, cedera pada organ lain juga kecil kemungkinan terjadinya karena air tersebut memisahkan jaringan lemak dengan organ lain.

LIPOSUCTION-11.12