Perawatan saluran akar gigi, Kenali Prosedur dan Gejalanya!

Kenali Prosedur dan Gejalanya dari Perawatan saluran akar gigi

Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan saluran akar gigi merupakan perawatan untuk memperbaiki gigi yang rusak parah atau terkena infeksi yang kerap menimbulkan rasa sakit yang berlebih sehingga membuat aktivitas menjadi tidak maksimal.

Perawatan jenis ini dapat mengatasi masalah gigi tanpa harus mencabut gigi tersebut, sehingga anda tetap dapat mengunyak dengan nyaman dan kuat saat menggit. Tak hanya itu, hal ini juga dapat melindungi gigi dan membuat tampilan dari gigi tetap alami.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa treatment atau tindakan ini akan mengakibatkan rasa sakit, padahal ini tidak menyebabkan rasa sakit sama sekali, justru hal ini akan meredakan rasa sakit akibat peradangan ataupun infeksi yang terjadi pada gigi kita.

Perlu diketahui bahwa perawatan ini dilakukan dengan cara menggunakan bius lokal agar kalian yang melakukan hal tersebut tetap nyaman. Namun, memang anda akan merasakan akan lebih sensitif selama beberapa hari pasca perawatan.

Dan untuk meredakan hal tersebut, dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk di konsumsi semasa pemulihan nanti.

Lantas, kondisi seperti apa yang membutuhkan tindakan ini?

Secara istilah, saluran akar ini dideskripkan sebagai gambar rongga alami pada bagian tengah gigi, sedangkan pulpa adalah bagian lunak pada bagian dalam gigi yang berisi pembulu darah, saraf dan jaringan ikat.

Apabila ada yang mengalami gangguan seperti pulpa, entah itu karena lubang, keberisihan mulut yang kurang terjaga dengan baik atau mungkin cedara pada gigi, jelas hal tersebut akan menimbulkan nyeri. Hal tersebut akan membuat bakteri berkembang dan akan terjadi infeksi atau abses pada gigi.

Berikut ini gejala yang terjadi meliputih infeksi tersebut adalah:

• Gigi akan terasa sakit saat mengunyah atau menggigit
  • Gigi seakan goyang
  • Serta gigi akan terasa sakit saat terkena makanan atau minuman

Dan gejala ini terus akan terasa bila terkenan makanan ataupun minuman dingin atau terlalu panas. Rasa sakit ini akan berlanjut, walau makanan atau minuman sudah tak lagi dikonsumsi. Hal yang paling parah adalah rasa sakit ini dapat kapan saja muncul sewaktu-waktu, seperti misalnya malam dan biasanya hal ini disertai dengan sakit kepala.

Dan apa bila anda merasakan gejala tersebut, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter gigi terbaik dan tersertifikasi seperti di Dental Care The Clinic Beautylosophy.

Karena apabila hal ini benar terjadi karena infeksi pulpa, biasanya dokter akan memutuskan melakukan tindakan perawatan saluran akar gigi tersebut sebab hal itu tidak akan sembuh dengan sendirinya.

Karena apabila gangguan saluran akar gigi ini tidak ditangani dengan tepat, kemungkinanan dapat menyebabkan abses, kemudian kerusakan tulang di area ujung akar yang mengalami masalah ataupun pembengkakan akan meluas pada area wajah serta leher.

Lalu, seperti apa langkah prosedur perawatan saluran akar gigi?

Sebagai cara untuk memastikan gigi anda perlu melakukan tidakan perawatan saluran akar gigi, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan foto rontgen gigi. Setelah itu, dilanjutkan melihat kondisi pulpa dan seberapa besar infeksi yang terjadi, sehingga dokter mengetahui seberapa besar perawatan yang dibutuhkan.

Biasanya sebelum dimulai perawatan saluran akan gigi ini, dokter melakukan pembiusan lokal. hal ini bertujuan agar memastikan pasien tetap nyaman saat tindakan tersebut dilakukan. lalu, dokter menempatkan pelindung karet agar gigi tetap bersih dan terisolir dari dari air liur ataupun  kontaminasi lainnya.

Lalu, dokter akan membuat jalur pada bagian atas gigi, agar dapat menjangkau ruangan pulpa. Lalu, dokter akan membersihkan saluran akar gigi dan jaringan lainnya yang telah terdeteksi infeksi dengan menggunakan alat yang sangat kecil yang dikombinasikan dengan larutan khusus sejenis natrium hipoklorit. Dan hal itu juga sekaligus membuat ruang untuk tempat penambalan setelahnya.

Pasce dibersihakn, akan dibuatkan tambalan sementara, lalu setelah satu minggu dokter akan menyarankan untuk mengontrol gigi tersebut. Setelah dirasa saluran akar telah membaik, maka langkah terakhir adalah melakukan tindakan restorasi atau penggunaan crown gigi.

Sebenarnya, banyak hal yang didapat ketika melakukan tindakan perawatan ini, karenanya konsultasikan dengan dokter gigi langganan anda guna memastikan apakah tindakan tersebut perlu dilakukan. lalu lakukan pemeriksaan lanjutan sesuai dengan saran dokter gigi.

Lalu, dimana klinik gigi terbaik untuk melakukan tindakan perawatan saluran akar?

Jawabannya simple, Dental Care The Clinic Beautylosophy adalah jawabannya. Karena disini bukan hanya unggul segala treatment atau tindakan gigi. tapi juga dilengkapi dengan berbagai macam peralatan canggih dan mutakhir sesuai dengan perkembangan dunia medis dan estetika gigi.

Selain itu, yang menjadi favorit dan alasan mengapa banyak akhirnya banyak yang mempercayakan klinik gigi yang telah diberdiri sedari tahun 2013 silam ini adalah memiliki dokter gigi terbaik, berpengalaman baik dari segi kesehatan ataupun estetik dan pastinya tersertifikasi baik dari dalam ataupun luar negeri. Jadi anda akan merasa nyaman dan aman saat melakukan tindakan perawatan saluran akar gigi.